5 Game Zombie Terbaik untuk PS4


Sebagai salah satu pecahan dari genre horor, game bertema zombie memiliki sensasi yang khas. Jika game horor murni mengandalkan jump scare, game zombie menawarkan sensasi kengerian bagaimana rasanya ‘sendirian’ dikejar oleh ratusan makhluk yang ingin memakan lo hidup-hidup. Di game zombie lo juga akan belajar bagaimana caranya bertahan hidup dengan memaksimalkan sumber daya yang ada seefektif dan seefisien mungkin.

Di antara banyak game zombie di PS4, kelima game di bawah ini bisa dikatakan sebagai yang paling terbaik dan wajib lo miliki.

 

1. The Walking Dead

Rasanya enggak afdal jika The Walking Dead Series absen di daftar ini. Di game berformat point & click ini, lo memang enggak bisa menghabisi zombie sesuka hati dengan cara apapun. Namun, di game inilah lo akan mendapatkan kisah menyentuh dari sisi kemanusiaan di tengah konflik zombie. Saat game zombie lain menuntut lo untuk mengarahkan senjata api dengan tepat, The Walking Dead justru menguji bagaimana lo mengambil keputusan di saat terdesak.

Lo akan bermain sebagai Lee Everett, tersangka pembunuhan yang justru menjadi pelindung dan sahabat bagi anak yatim piatu bernama Clementine. Sepanjang game, lo akan bertemu sesama kelompok penyintas lain. Di sinilah lo akan mengambil keputusan apakah lo harus bergabung atau berpisah dengan kelompok tersebut.

Naratif yang disampaikan di game ini begitu menyentuh dan mendalam. Apa yang karakter rasakan di game ini seakan menjadi beban lo sendiri. Kenapa? Sebab, lo lah sang pengambil keputusan. Bakal terasa ngena banget kalau lo udah berteman dengan satu karakter, sayang karakter tersebut bernasib malang karena dimakan zombie. Rasanya seperti teman sendiri yang mengalami hal seperti itu.

Makin keliru keputusan yang lo ambil, lo pun akan menerima sendiri konsekuensinya. Namun, inilah yang membuat The Walking Dead versi game begitu menarik untuk dimainkan.

 

2. Killing Floor 2

Game zombie yang cocok buat lo yang lagi stres. Soalnya, daripada lo banting barang, teriak, atau melakukan hal-hal negatif lainnya, mending lo babat habis zombie di Killing Floor 2.

Game ini bisa dibilang lebih mengarah ke arcade dibanding survival seperti game zombie lain. Tugas utama lo intinya cuma menghabisi zombie yang ada. Meski begitu, ada sedikit elemen RPG seperti upgrade senjata atau skill untuk memperkuat karakter lo. Cara lo membunuh pun juga diperhatikan. Misalkan lo akan mendapatkan lebih banyak poin atau hadiah jika berhasil menembak zombie tepat di kepalanya.

Elemen RPG juga terasa pada sistem kelasnya. Ada beberapa kelas karakter yang bisa lo pilih seperti ahli peledak, penembak jitu, atau tenaga medis. Lebih asyiknya lagi, lo bisa bermain secara co-op dengan pemain-pemain lain dari seluruh dunia.

 

3. Dying Light

Untuk saat ini, bisa dikatakan Dying Light menawarkan ‘paket lengkap’ game zombie di PS4. Di antara game zombie yang ada di PS4, Dying Light punya kisah yang levelnya hampir sama dengan The Last of Us dan The Walking Dead. Desain visual dan suaranya juga terbilang apik dan membuat pemain seakan berada di situasi yang ada di dalam game.

Di antara itu semua, aspek gameplay lah yang bikin game ini wajib masuk menjadi koleksi lo. Game ini menjadi salah satu dari sedikit game zombie yang menggunakan format peta open world. Ukuran petanya juga luas dan membuat lo tertarik untuk menjelajahi semuanya.

Selain itu, Dying Light menggunakan mekanisme siang dan malam hari. Siang hari menjadi satu-satunya waktu yang pas buat lo untuk menjelajahi semua yang ada di game ini. Sebab, di malam hari zombie yang menjadi musuh utama lo menjadi lebih ganas. Zombie spesial juga baru keluar di malam hari untuk memburu semua manusia yang ada.

Menariknya, game ini mengadopsi mekanisme tarung ala parkour. Sistem ini kurang lebih seperti gerakan spesial yang bisa lo manfaatkan untuk menghabisi zombie dengan cepat.

 

4. Resident Evil 7

Sebenarnya game ini memang lebih terasa elemen horor dibanding zombie-nya. Namun, karena musuh yang akan lo lawan adalah mayat hidup, Resident Evil 7 tetaplah dihitung sebagai game zombie.

Secara gameplay, Resident Evil 7 bisa dibilang sebagai bentuk revolusi dari waralaba game bikinan Capcom ini. Game ini menjadi seri Resident Evil pertama yang menggunakan sudut pandang first-person. Selain itu, horor menjadi elemen utama menggantikan unsur aksi yang sangat kental di seri-seri sebelumnya.

Gameplay-nya kali ini juga lebih menekankan eksplorasi dibanding progresif linier seperti seri-seri sebelumnya. Hal ini pun membuat game jadi makin menarik karena lo akan diberikan teka-teki yang harus lo pecahkan untuk lanjut ke level selanjutnya.

Dari segi narasi, game ini pun tetap menawan seperti biasa. Kisahnya memang tak melanjutkan Resident Evil 6. Namun, masih ada peluang kalau kisahnya berkesinambungan dengan seri-seri sebelumnya karena kemunculan salah satu karakter penting di akhir game.

 

5. The Last of Us Remastered

Untuk saat ini, enggak ada yang bisa mengalahkan keepikan The Last of Us sebagai game zombie terbaik di PS4. Game ini sebenarnya dirilis eksklusif untuk PS3. Untungnya, Naugthy Dog dan Sony Entertainment sebagai pasangan developer-publisher mengerti betul keinginan penggemar dengan merilis versi remastered-nya untuk PS4.

Keunggulan mutlak The Last of Us berada di segi narasi. Kisah Joel si penyelundup dan Ellie si remaja polos yang bertahan hidup di dunia pascaapokalips begitu menyentuh. Tak hanya mengandalkan elemen aksi saja, The Last of Us memiliki cutscene dan mekanisme gameplay naratif yang membuat lo seakan nonton film layar lebar.

Lawan lo di game ini adalah zombie yang terinfeksi jamur Cordyceps. Untuk melawannya, lo bisa mengonfrontrasi langsung menggunakan senjata api seperti pistol, shot gun, maupun senjata jarak dekat seperti bat bisbol. Namun, terlalu berisiko untuk menggunakan cara ini karena akan menarik perhatian zombie lain.

Elemen aksinya memang enggak begitu fantastis seperti Resident Evil 7 atau Dying Light. Namun, kisah yang disajikan dijamin membuat lo terhipnotis untuk terus memainkan gamenya.

***

Daftar game di atas ngebuktiin kalau game zombie enggak harus selalu berat di aksi saja. The Walking Dead dan The Last of Us adalah bukti nyatanya. Kedua game ini dijamin enggak akan mengecewakan jika lo memang ingin tenggelam dalam sebuah kisah yang begitu menyentuh. Namun, kalau lo lebih suka membantai zombie dibanding menikmati cerita, game-game seperti Dying Light, Killing Floor 2, dan Resident Evil 7 bisa menjadi rekomendasi yang tepat.

Bagaimana menurut lo? Apakah masih ada game zombie untuk PS4 lainnya yang enggak masuk ke daftar ini?

Add comment