Tahukah Kamu? Ini 6 Alasan Kenapa Film Kafir Lebih Seram dari Pengabdi Setan!


Dari review film Duniaku.net yang ditulis Lazuardi Pratama, kita bisa melihat bahwa tidak jarang juga klaim yang mengatakan film Kafir lebih seram dari Pengabdi Setan adaptasi Joko Anwar!

Percaya tidak percaya, film yang lagi-lagi mengandalkan sinematografi yang sejatinya diam dan luar biasa dari Yunus Pasolang ini rupanya punya banyak hal yang bisa diapresiasi dan ditandai oleh sineas film lokal, lho!

Nah, ada banyak hal yang ditawarkan di dalam film Kafir. Jangan sampai luput, karena justru elemen-elemen ini yang bisa bikin kamu lebih paham sama apa yang kamu takuti di luar sana! Terutama untuk film-film horor, jelas sejatinya tujuan utama mereka adalah untuk membuat penontonnya merasa ngeri, bukan?

Nah, dengan berpatokan pada membangun urat takutmu, ini dia hal-hal yang membuat Kafir lebih seram dari Pengabdi Setan!

Ciluk, Ba Nggak Terlalu Penting!

Kembali kita teringat dengan film-film yang semakin mengikuti kiblat James Wan, seperti yang dikatakan pada review tersebut. Apalagi kalau sudah menonton Hereditary, jelas sekali kita tidak diajak untuk menonton film horor yang tidak ada bedanya dengan atraksi rumah hantu-hantuan yang efeknya sebentar!

Kafir juga suka membangun ketegangan yang lambat laun menumpuk, tapi justru tidak serta merta menghabisi ketegangan kita dengan sebuah momen ‘Ciluk, Ba!’, atau lebih populer dengan istilah jump scare!

Penghabisan dari ketegangan ini justru tidak hanya visual, tapi secara emosional. Merasa berat hati dan was-was saat menonton Hereditary? Nah, itu juga yang terjadi dalam Kafir!

Ngaku, yang Bikin Seram Nggak Cuma Muka Hantunya Doang, Kan?

Kalau kita melihat kembali lagi, yang membuat film Kafir lebih seram dari Pengabdi Setan juga tidak hanya mayat si anu dan wajah si itu!

Kafir justru memanfaatkan tema santetnya sebaik-baiknya! Hal-hal tidak kasat mata yang membuat kamu bergidik ngeri itu justru terasa sekali tidak perlu dijelaskan dan kamu pun bisa mengerti kalau adegan itu adalah bagian dari teror santet tersebut!


CONTINUE READING BELOW


Bahkan, meskipun kamu sudah tahu santet memegang peranan utama dalam film ini, kamu tetap menunggu lingkaran basah di atas loteng itu akan memuntahkan seorang kuntilanak atau semacamnya, bukan? Nah, seperti lagu Kelam Malam, film tersebut sudah mengkondisikan dirimu untuk bergidik!

Ada juga bagian-bagian terlewatkan yang membuat film Kafir lebih seram dari Pengabdi Setan di halaman sebelah!

Add comment